Minggu, 13 November 2011

Karangan n Jenisnya

       


Karangan: karya tulis hasil dr seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahamu.
JENIS KARANGAN:
1. Deskripsi
    karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal atau keadaan shg pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.
Contoh: Hampir semua pelosok Mentawai indah. di empat kecamatan terdapat hutan yg masih asri. Hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan anggrek  aneka jenis dan fauna yg hanya terdapat di Mentawai. Siamang kerdil, lutung Mentawai dan beruk simakobu adalah contoh primata yg menarik untuk bahan penelitian dan objek wisata.
2. Eksposisi
    karangan ini berisi uraian tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca.
Contoh: Pada dasarnya pekerjaan akuntan mensakup dua bidang pokok, yaitu akuntansi dan auditing. Dalam bidang akuntansi, pekerjaan akuntan berupa pengolahan data untuk mengahsilkan informasi keuangan. Dalam bidang auditing, pekerjaan akuntan berupa pemeriksaan laporan keuangan secara objektif untuk menilai kewajaran informasi yg tercantum dalam laporan tersebut.
3. Persuasi
    karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu
Contoh: Salah satu penyakit yg perlu kita waspadai di musim hujan ini adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Untuk mencegah ISPA, kita perlu mengkonsumsi makanan yg bergizi, minum vitamin dan anti oksidan. Selain itu, kita perlu istirahat yang cukup, tidak merokok, dan rutin berolahraga.
4. Argumentasi
    karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan fakta sebagai alsan/bukti
Contoh: Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggungjawab, berdedikasi dan cinta terhadap sesama. semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.
5. Narasi
    narasi dikenal sebagai cerita, terdapat peristiwa, latar, tokoh dan konflik.
Contoh: Ir. Soekarno, Presiden R.I. pertama adalah seorang nasionalis. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno mengahbiskan waktunya di penjara dan di pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah. Soekarno bersama Moh. Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar